Thursday, March 22, 2007

Pajangan dan Karya Siswa
Oleh: Arifin Rahman

Pajangan yang baik akan meningkatkan motivasi siswa yang hasil karyanya dipajangkan. Selain itu pajangan yang baik akan menimbulkan inspirasi bagi siswa lain untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Pada tahap awal PAKEM, pajangan sering masih berupa hasil kerja siswa pada waktu mengerjakan Lembar Kerja. Sebagai akibatnya tulisan semua siswa hampir sama kalimat-kalimatnya. Banyak hasil pajangan berupa sobekan dari buku tulis siswa. Kalau semua pajangan isinya sama, fungsi dan tujuan pemajangan seperti tersebut di atas tidak tercapai .

Pajangan yang baik merupakan hasil karya siswa yang murni, seperti laporan hasil kunjungan (misalnya ke pabrik kecap, ke KUD), laporan hasil penelitian atau percobaan siswa. Pajangan dapat berupa model, peralatan yang digunakan untuk percobaan, laporan proses dan hasil percobaan.

Pajangan dapat berupa hasil karya siswa secara perorangan misalnya puisi, cerita pendek, atau resensi buku, dapat pula berupa hasil karya kelompok: berupa laporan, proses pembuatan genteng, gambar gambar, contoh bahan yang digunakan, denah lokasi, data statistik hasil penjualan dsb.

Pajangan sebaiknya diganti kalau sudah tidak menarik lagi bagi siswa.

Bagaimana pajangan di kelas Anda?

No comments: