Saturday, March 31, 2007

MATERI KULIAH 6 IPS TERPADU

APA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL?

• KONSEP BELAJAR YG MEMBANTU GURU MENGAITKAN ANTARA MATERI YG DIAJARKAN DG SITUASI DUNIA NYATA SISWA
• MENDORONG SISWA MEMBUAT HUBUNGAN ANTARA PENGET. YG DIMILIKINYA DGN PENERAPANNYA DLM KEHIDUPAN NYATA
• STRATEGI LEBIH PENTING DP HASIL

BAGAIMANA MENCIPTAKANNYA?
• CIPTAKAN LINGKUNGAN YANG ALAMIAH
• SISWA BELAJAR LEBIH BERMAKNA -> KEGIATAN DENGAN “MENGALAMI SENDIRI” APA YG DIPELAJARINYA BUKAN MENGETAHUINYA.
• BUKAN KOMPETENSI “MENGINGAT” JANGKA PENDEK ->PROBLEM SOLVING – INKUIRI – PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN.

MENGAPA STRATEGI LEBIH PENTING DARIPADA HASIL?
• GURU LBH BERURUSAN DGN STRATEGI DP MEMBERI INFORMASI
• GURU MEMBANTU SISWA MENCAPAI TUJUANNYA
• GURU SBG FASILITATOR KELAS
• PROSESNYA INKUIRI – PROBLEM SOLVING (# APA KATA GURU)
• PEMBELAJARAN AKAN > PRODUKTIF & BERMAKNA

MENGAPA PENDEKATAN KONTEKSTUAL YANG DIPILIH?
• LEBIH MEMBERDAYAKAN SISWA
• BELAJAR DGN MELAKUKAN/MENGALAMI # MENGHAFAL
• KRN PENGETETAHUAN # SEPERANGKAT FAKTA & KONSEP YG SIAP DITERIMA, TETAPI “SESUATU” YG HRS DIKONSTRUKSI SENDIRI OLEH SISWA.

BAGAIMANA TERJADINYA PROSES BELAJAR?
Ø BELAJAR # HANYA SEKEDAR MENGHAFAL -> SISWA MENGKONSTRUKSI SENDIRI
Ø SISWA BELAJAR DARI MENGALAMI
Ø PENGET. YG DIMILIKI SESEORG ITU TERORGANISIR & MENCERMINKAN PEMAHAMAN YG MENDLM TTG SESUATU PERSOALAN (SUBJECT MATTER)
Ø PENGET. TDK BISA DIPISAH-PISAHKAN MENJADI FAKTA-2 /PROPOSISI YG TERPISAH TETAPI MENCERMINKAN KETERAMPILAN YG DPT DITERAPKAN
Ø MNS MEMP. TINGKATAN YG BERBEDA DLM MENYIKAPI SITUASI BARU
Ø SISWA PERLU DIBIASAKAN MEMECAHKAN MASALAH, INKUIRI, BERGELUT DGN IDE-IDE.
Ø MENGUBAH STRUKTUR OTAK.
BAGAIMANA TRANSFORMASI BELAJAR ITU TERJADI?
Ø SISWA BELAJAR – MENGALAMI SENDIRI BUKAN “PEMBERIAN ORANG LAIN”
Ø KETERAMP. & PENGET. ITU DIPERLUAS DARI KONTEKS YG TERBATAS (SEMPIT) – SEDIKIT DEMI SEDIKIT
Ø PENTING BG SISWA TAHU “UTK APA” IA BELAJAR & BGMN IA MENGGUNAKAN PENGET. & KETERAMP. YG DIPEROLEHNYA UTK MEMECAHKAN MASALAH DLM KEHIDUPAN

LANTAS APA TUGAS DALAM PEMBELAJARAN?
• MENGATUR STRATEGI BELAJAR
• MEMBANTU MENGHUBUNGKAN PENGETAHUAN LAMA & BARU
• MEMFASILITASI BELAJAR

APA PENTINGNYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YG BAIK?
• SISWA AKTIF BEKERJA & BERKARYA GURU MENGARAHKAN
• PEMBELAJARAN HRS BERPUSAT PADA “BGMN CARA” SISWA MENGGUNAKAN PENGETAHUAN BARU MEREKA
• FEEDBACK PENTING BAGI SISWA, YG BERASAL DARI PROSES PENILAIAN /ASSESSMENT YG BENAR
• MENUMBUHKAN KOMUNITAS BELAJAR DLM BENTUK KERJA KELOMPOK

LANTAS APA HAKIKAT PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL ITU?
KONSEP BELAJAR YG MEMBANTU GURU MENGAITKAN ANTARA MATERI YG DIAJARKAN DGN SITUASI DUNIA NYATA SISWA & MENDORONG SISWA MEMBUAT HUB ANTARA PENGETAHUAN YG DIMILIKI DGN PENERAPANNYA DLM KEHIDUPAN MEREKA SEHARI-HARI, DENGAN MELIBATKAN 7 (TUJUH) KOMPONEN UTAMA PEMBELAJARAN EFEKTIF:
KONSTRUKTIVISME (CONSTRUTIVISM)
BERTANYA (QUESTIONING)
MENEMUKAN (INQUIRY)
MASYARAKAT BELAJAR (LEARNING COMMUNITY)
PEMODELAN (MODELING)
PENILAIAN SEBENARNYA (AUTHENTIC ASSESSMENT)
REFLEKSI (REFLECTION)

MOTTO:
STUDENTS LEARN BEST BY ACTIVELY CONTRUCTING THEIR OWN UNDERSTANDING (CTL Academy Fellow, 1999)
“CARA BELAJAR TERBAIK ADALAH SISWA MENGKONSTRUKSIKAN SENDIRI SECARA AKTIF PEMAHAMANNYA”

LANTAS APA KATA KUNCI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL)?
REAL WORLD LEARNING
MENGUTAMAKAN PENGALAMAN NYATA
BERPIKIR TINGKAT TINGGI
BERPUSAT PADA SISWA
SISWA AKTIF, KRITIS, DAN KREATIF
PENGET. BERMAKNA DLM KEHIDUPAN
DEKAT DGN KEHIDUPAN NYATA
PERUBAHAN PERILAKU
SISWA PRAKTIK BUKAN MENGHAFAL
LEARNING BUKAN TEACHING
PENDIDIKAN (EDUCATION) BUKAN PENGAJARAN
PEMBENTUKAN “MANUSIA”
MEMECAHKAN MASALAH
SISWA “AKTING” GURU “MENGARAHKAN”
HASIL BELAJAR DIUKUR DGN BERBAGAI CARA # HANYA TES

STRATEGI PEMBELAJARAN APA YANG BERASOSIASI DGN CTL?
CBSA
PENDEKATAN PROSES
LIFE SKILL EDUCATION
AUTHENTIC INSTRUCTION
INQUIRY-BASE LEARNING
PROBLEM-BASE LEARNING
COOPERATIVE LEARNING
SERVICE LEARNING

APA PERBEDAAN PENDEKATAN CTL DENGAN PEMBELAJARAN TRADISIONAL / KONVENSIONAL?
PENDEKATAN CTL
PENDEKATAN TRADISIONAL
1.SISWA AKTIF TERLIBAT DLM PBM

2.SISWA BEL. DARI TEMAN MELALUI KERJA KLP
3.PEMBELAJARAN DIKAITKAN DGN KEHIDUPAN NYATA
4.PERILAKU DIBANGUN ATAS KESADARAN DIRI
5.KETERAMPILAN DIKEMBANGKAN ATAS DASAR PEMAHAMAN

6.HADIAH UTK PERILAKU ADALAH KEPUASAN DIRI

7.SESEORG # MELAKUKAN YG JELEK KRN IA SADAR HAL ITU KELIRU/MERUGIKN
8.BAHASA DIAJARKAN DGN PENDEKTN KOMUNIKATIF -> BHS DLM KONTEKS NYATA

9.PEMAHAMAN RUMUS DIKEMB ATAS DSR SKE-MATA YG SDH ADA DLM DIRI SISWA

10.PEMAHAMAN RUMUS RELATIF BERBEDA ANT SISWA 1 – LAIN SESUAI SKEMATA SISWA (ONGOING PROCESS OF DEVELOPMENT)
11.SISWA MENGGUNAKAN KEMAMP BERPIKIR KRITIS, TERLIBAT PENUH DLM MENGUPAYAKAN & TGJWB TERJADINYA PROSES PEMBELAJARAN YG EFEKTIF SESUAI SKEMATA MASING-2
12.SISWA MENCIPTA & MEM-BANG PENGET DGN CARA MEMBERI ARTI & MEMA-HAMI PENGALAMANNYA.

13.PENGET PD DIRI SISWA TDK PERNAH STABIL -> SELALU BERKEMBANG
14.SISWA DIMINTA BERTGJWB MEMONITOR & MENGEMB. PEMBEL. MASING-2
15.PENGHARGAAN THD PENG- ALAMAN SISWA SANGAT DIUTAMAKAN
16.HASIL BEL. DIUKUR DGN BERBAGAI CARA PROSES BEKERJA, HASIL KARYA, PENAMPILAN, REKAM, TES
17.PEMBEL. TERJADI DIMANA SAJA, KONTEKS & SETTING
18.PENYESALAN ADALAH HUKUMAN DARI PERILAKU
19.PERILAKU BAIK BERDASARKAN MOTIVASI INSTRINSIK
20.SISWA BERPERILAKU BAIK KRN DIA YAKIN ITULAH YG TERBAIK & BERMANFAAT
1.SISWA PENERIMA INFO SCR PASIF
2.SISWA BELAJAR SECARA INDIVIDUAL

3.PEMBELAJARAN SANGAT ABSTRAK & TEORITIS
4.PERILAKU DIBANGUN ATAS KEBIASAAN
5.KETERAMPILAN DIKEM-BANGKAN ATAS DASAR LATIHAN

6.HADIAH UTK PERILAKU BAIK ADALAH PUJIAN ATAU NILAI (ANGKA) RAPORT
7. SESEORG # MELAKUKAN YG JELEK KRN TAKUT HUKUMAN

8.BAHASA DIAJARKAN DGN PENDEKATAN STRUK-TURAL RUMUS DITERANG-KAN S.D. PAHAM–LATIHAN
9.RUMUS ITU ADA DILUAR DIRI SISWA, YG HRS DITE-RANGKAN, DITERIMA, HAFALKAN & DILATIHKAN
10.RUMUS -> KEBENARAN AB-SOLUT. HANYA ADA 2 KE-MUNGKINAN – PEMAHAMAN RUMUS YG SALAH/BENAR
11.SISWA SCR PASIF MENERI-MA RUMUS/KAIDAH (MEMBACA, MENDENGAR, MENCATAT, MENGHAFAL) TAMPA MEMBERI KONTIBU-SI IDE DLM PROSES PEMBELAJARAN
12.PENGET -> PENANGKPAN THD SERANGKAIAN FAKTA, KONSEP, HUKUM YG BER-BEDA DI LUAR DIRI MNS
13.KEBENARAN BERSIFAT ABSOLUT & PENGET. BERSIFAT FINAL

14.GURU ADALAH PENENTU JALANNYA KBM

15.PEMBEL. TDK PERHATIKAN PENGALAMAN SISWA
16.HASIL BELAJAR HANYA DI UKUR DENGAN TES

17.PEMBELAJARAN HANYA TERJADI DLM KELAS
18.SANKSI ADALAH HUKUMAN DARI PERILAKU JELEK
19.PERILAKU BAIK BERDASARKAN MOTIVASI EKSTRINSIK
20.SISWA BERPERILAKU BAIK KRN DIA TERBIASA MELA-KUKAN BEGITU. KEBIASAAN INI DIBANGUN DG HADIAH YG MENYENANGKAN
ELEMEN/UNNSUR APA SAJA YANG HARUS DIPERHATIKAN DLM PRAKTIK PEMBELAJARAN CTL?
PENGAKTIFAN PENGET YG SUDAH ADA (ACTIVATING KNOWLEDGE)
PEMEROLEHAN PENGET BARU (ACUIRING KNOWLEDGE) DIPELAJARI GLOBAL -> DETAILNYA
PEMAHAMAN PENGET (UNDERSTANDING KNOWLEDGE) SUSUN HIPOTESIS -> SHARING -> VALIDITAS -> KONSEP DIREVISI & DIKEMBANGKAN
MEMPRAKTIKAN PENGETAHUAN & PENGALAMAN TSB (REFLECTING KNOWLEDGE)
MELAKUKAN REFLEKSI (REFLECTION KNOWLEDGE) THD STRATEGI PENGEMB PENGET TSB.

BAGAIMANA MENERAPKAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS?
KEMBANGKAN PIKIRAN BHW ANAK AKAN BELAJAR LEBIH BERMAKNA DGN CARA BEKERJA SENDIRI, MENEMUKAN SENDIRI & MENGKONSTRUKSI SENDIRI PENGET. & KETERAMP. BARUNYA
LAKSANAKAN SEJAUH MUNGKIN KEGIATAN INKUIRI UTK SEMUA TOPIK
KEMBANGKAN SIFAT INGIN TAHU SISWA DGN BERTANYA
CIPTAKAN “MSY BELAJAR” (BEL-KLP)
HADIRKAN “MODEL” SBG CTH PEMBEL.
LAKUKAN REFLEKSI DI AKHIR PERTEMUAN
LAKUKAN PENILAIAN YG SEBENARNYA DGN BERBAGAI CARA

KONSTRUKTIVISME (CONTRUCTIVISM)

Ø BHW PENGET. DIBANGUN OLEH MNS SEDIKIT DEMI SEDIKIT, HASILNYA DIPERLUAS MELALUI KONTEKS YG TERBATAS (SEMPIT) & TDK SEKONYONG-KONYONG
Ø “STRATEGI MEMPEROLEH” LEBIH DIUTAMAKAN DIBANDING SEBERAPA BANYAK SISWA MEMPEROLEH DARI MENGINGAT PENGETAHUAN

RANCANG PEMBELAJARAN DLM BENTUK SISWA BEKERJA, PRAKTIK MENGERJAKAN SESUATU, BERLATIH SECARA FISIK, MENULIS KARANGAN, MENDEMONSTRASIKAN, MENCIPTAKAN IDE.

2. PENEMUAN (INKUIRI)
SIKLUS INKUIRI: OBSERVASI, BERTANYA, MENGAJUKAN DUGAAN, PENGUMPULAN DATA, PENYIMPULAN.
KATA KUNCI DARI STRATEGI INKUIRI ADALAH “SISWA MENEMUKAN SENDIRI”
LANGKAH-2 KEGIATAN INKUIRI (MERUMUSKAN MASALAH; MENGAMATI; MENGANALISIS & MENYAJIKAN HASIL DLM TULISAN/GAMBAR, TABEL, GRAFIK, KARYA LAINNYA; MENGKOMUNI-KASIKAN/MENYAJIKAN HASIL KARYA).

3. BERTANYA (QUESIONING)
BERTANYA SBG KEGIATAN GURU MENDORONG, MEMBIMBING, & MENILAI KEMAJUAN BERPIKIR SISWA
PEMBEL. YG PRODUKTIF KEGIATAN BERTANYA BERGUNA UTK: (MENGGALI INFO, MENGECEK PEMAHAMAN SISWA, MEMBANGKITKAN RESPON SISWA, MENGET. SEJAUHMANA KEINGINTAHUAN SISWA, MENGET HAL-2 YG SDH DIKET SISWA, MEMFOKUSKAN PERHATIAN SISWA, MEMBANGKITKAN LBH BANYAK PERTANYAAN DR SISWA & MENYEGARKAN KEMBALI PENGET. SISWA)

4. MASYARAKAT BELAJAR (LEARNING COMMUNITY)
DI KELAS CTL –> DISARANKAN SELALU MELAKSANAKAN PEMBEL. DLM KLP-2 BELAJAR (heterogen)
KOMUNIKASI BANYAK ARAH (TDK ADA PIHAK YG DOMINAN, TDK SEGAN BERTANYA, TDK ADA YG MERASA PALING TAHU).
MENDATANGKAN “AHLI” KE KELAS (DOKTER, PERAWAT, PETANI, POLISI, TUKANG KAYU DSB.)
BEKERJA DGN KLS SEDERAJAT/DIATASNYA /BEKERJA DGN MASY.

No comments: