Thursday, March 22, 2007

MENGGUNAKAN BUKU PELAJARAN DENGAN CARA LEBIH BAIK

Buku buku pelajaran yang dipakai di sekolah banyak yang mempunyai pola sederhana yang sama dan berulang ulang. Pola tersebut biasanya adalah:

Informasi/bacaan
Pertanyaan mengenai bacaan sering berupa pertanyaan faktual/ingatan
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya sudah tercantum dalam bacaan dengan urutan yang jelas (pertanyaan pertama pada bagian atas, pertanyaan 2 dibawahnya dst)
Tugas tugas/latihan sesuai dengan contoh yang diberikan

Sebagai akibatnya kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan buku menjadi kegiatan rutinitas yang monoton dan membosankan siswa.

Untuk mengatasi masalah tersebut beberapa ide berikut bisa dicoba:
(Umum)
Siswa membaca informasi/bacaan, kemudian:
Siswa membuat pertanyaan di luar pertanyaan yang sudah ada, atau
Ajukan pertanyaan yang lebih menantang (Taxonomi Bloom)
(pertanyaan applikasi, sintesa, evaluasi)
- pertanyaan ”between the lines” (yang tersirat)
- pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman siswa (kontekstual)
- pertanyaan yang berkaitan dengan peristiwa nyata/lingkungan sekitar (kontekstual)
- pertanyaan “beyond the text”/”beyond the picture” (imaginative)
- pertanyaan mengenai perasaan orang orang yang terlibat
- pertanyaan mengenai apa yang terjadi kemudian

siswa membandingkan dengan informasi dari sumber lain (nara sumber, media)
siswa mebandingkan informasi dengan kejadian sehari-hari/lingkungan sekitar
bacaan diputus di tengah, siswa melanjutkan sendiri cerita

Beri contoh contoh:
(untuk masing masing mata pelajaran)

No comments: