Saturday, March 31, 2007

MATERI KULIAH 7 IPS TERPADU

1.PENGELOLAAN KELAS INOVATIF

Pada umumnya dalam pembelajaran sehari hari, guru memberikan tugas yang sama kepada semua siswa atau pada setiap kelompok siswa. Akibatnya di dalam laporan hasil kerja siswa semua kelompok melaporkan hasil yang kurang lebih sama dan sering tidak didengarkan siswa /kelompok lain.

Sebenarnya tugas setiap kelompok tidak harus selalu sama.

Sebagai contoh, untuk topik /tema ”Perusakan Lingkungan” siswa dibagi menjadi 6 kelompok. 2 kelompok siswa dapat mendiskusikan ”Faktor faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan” , 2 kelompok siswa lain dapat membahas ”Dampak Perusakan Lingkungan” dan 2 kelompok siswa terakhir mendapat tugas ”Usaha Mencegah Kerusakan Lingkungan dan Kendalanya”
Setiap kelompok juga mendapat gambar gambar dan dokumen yanf relevan
Hasil dari setiap 2 kelompok dibandingkan untuk kemduian dirangkum menjadi satu
Laporan dari setiap penggabungan ditanggapi kelompok kelompok lain
(melalui ”belanja” atau presentasi lisan)

Kelebihan cara ini adalah tugas lebih menantang dan laporan hasil kelompok tidak membosankan.

Sebaliknya sumber belajar setiap kelompok dapat berbeda beda tapi tugasnya sama

Untuk tema peristiwa /topik ”Flu Burung” setiap kelompok siswa mendapat 1 atau 2 sumber belajar yang berbeda beda (dari berbagai surat kabar berupa berita, gambar atau data korban, artikel dsb). Tugas setiap kelompok adalah membaca berbagai sumber tersebut dan mengajukan pertanyaan pertanyaan.
Sumber belajar dan pertanyaan disampaikan ke kelompok lain untuk dijawab.
Apa kegiatan berikutnya? (geografi, ekonomi, kesehatan, masalah sosial)


Dapat juga dengan satu topik yang sama , memakai berbagai sumber belajar dan dengan hasil belajar siswa (output) berbeda beda

Topik ”transportasi” dapat menghasilkan berbagai hasil belajar siswa
Sekelompok siswa melaporkan hasil pengamatan lalu-lintas di dekat sekolah dalam bentuk grafik
Kelompok lain melaporkan hasil wawancara dengan nara sumber dalam bentuk cerita
Kelompok lain mendiskusikan transportasi masa lalu dibandingkan dengan masa kini dalam bentuk gambar dan tulisan
Kelompok lain membahas masalah transportasi di masa datang karena sumber BBM semakin langka,

Pertanyaan untuk bahan diskusi:
Apakah dengan berbagai sumber belajar, berbagai kegiatan, dan hasil belajar, keterampilan keterampilan yang dikembangkan pada diri siswa sama?


2. PROGRAM MEDIA PEMBELAJARAN
l Peranan Media Pembelajaran
l Karakteristik Media Pembelajaran
l Pemilihan Media Pembelajaran

Peranan Media Pembelajaran:
Media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium, yang berarti perantara atau pengantar, dengan kata lain Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima.
Media yang dirancang dengan baik dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri peserta didik.
Media sebagai alat bantu visual:
l mendorong motivasi belajar
l memperjelas dan mempermudah konsep yang abstrak
l mempertinggi daya serap atau retensi belajar

NILAI PRAKTIS MEDIA:
l Memvisualkan yang abstrak (animasi peredaran darah)
l Membawa objek yang sukar didapat (binatang buas/berbahaya)
l Membawa objek yang terlalu besar (gunung, pasar)
l Menampilkan objek yang tidak dapat diamati mata (mikro organisme)
l Mengamati gerakan yang terlalu cepat (jalannya peluru)
l Memungkinkan berinteraksi dengan lingkungannya
l Memungkinkan Keseragaman pengalaman
l Mengurangi resiko apabila objek berbahaya
l Menyajikan informasi yang konsisten dan diulang sesuai dengan kebutuhan
l Membangkitkan motivasi belajar
l Dapat disajikan dengan menarik dan variatif
l Mengontrol arah maupun kecepatan peserta didik
l Menyajikan informasi belajar secara serempak dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan
l Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, dll

KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN:
Setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pemilihan media disesuaikan dengan kebutuhan (tujuan, sasaran, sarana, biaya, dan waktu pembuatannya).
l Media Transparansi
l Media Audio
l Media Slide (Film Bingkai Suara)
l Media Video
l Media CD Multimedia Interaktif
l Internet

MEDIA TRANSPARANSI:
Overhead Tranparancy (OHT) merupakan perangkat lunak/software sedangkan perangkat kerasnya/ hardware adalah Overhead Projector (OHP).
Selanjutnya Overhead Tranparancy (OHT) akan kita sebut dengan istilah “tranparansi”.
Transparansi adalah lembar bening/plastik tembus pandang yang berisi pesan, penjelasan atau pelajaran yang akan disampaikan penyaji baik berupa tulisan maupun gambar.
Ukuran dalam 24,5 cm x 19 cm, luar 30,5 cm x 27 cm.
KELEBIHANNYA:
l Penggunaannya praktis
l Mempunyai variasi teknik
l Tahan lama/tidak mudah rusak
l Tidak memerlukan ruang gelap
l Mudah dioperasikan, sehingga tidak perlu operator
l Dapat disajikan berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan
l Waktu penyajian dapat bertatap muka dengan peserta didik
l Dapat disiapkan sendiri oleh guru
KEKURANGANNYA:
l Memerlukan listrik
l Memerlukan peralatan khusus untuk menampilkan yaitu Overhead Projector (OHP)
l Memerlukan panataan yang khusus
l Memerlukan kecakapan khusus dalam pembuatan
l Menuntut cara kerja yang sistematis karena susunan urutan mudah kacau

KARAKTERSITIK MEDIA AUDIO:
Media audio adalah media yang mengutamakan indra pendengaran.
Pesan-pesan yang akan disampaikan dapat dituangkan kedalam lambang-lambang auditif, baik verbal (kata-kata) maupun non verbal (sound effect).
Yang termasuk media audio antara lain radio dan kaset audio. Program audio (kaset) teramasuk salah satu media yang sudah memasyarakat hingga tingkat pedesaan.
KELEBIHANNYA:
l Materi tak akan berubah
l Biaya produksi relatif murah
l Peralatan paling murah dibanding dengan media lainnya
l Program kaset dapat disajikan di luar sekolah (wawancara, rekaman kegiatan, dll)
l Rekaman dapat dihapus dan kaset dapat dipakai ulang
l Penyajian sepenuhnya dikontrol penyaji
KEKURANGANNYA:
l Daya jangkau terbatas (beda dengan radio)
l Pengadaan, penggandaan, pendistribusian sedikit bisa mahal

KARAKTERISTIK MEDIA SLIDE
KELEBIHANNYA:
l Tahan lama
l Guru sebagai nara sumber dan operator
l Berwarna dan bersuara sehingga menarik
l Dapat ditampilkan berulang-ulang
KEKURANGANNYA:
l Pembuatan memerlukan keterampilan khusus
l memerlukan peralatan khusus (slide projector) dalam penyajiannya;
l perlu ketelitian dalam penyiapan penyajiannya karena gambar sering keliru urutanya/tertukar atau terbalik.

KARAKTERSITIK MEDIA VIDEO
Media video atau media audio visual yang menampilkan gerak saat ini semakin dikenal di kalangan masyarakat.
Media ini berupa rekaman pada pita magnetic melalui kamera video. Meskipun media video hampir sama dengan media film dalam karakteristiknya, tetapi tidak dapat menggantikan film karena baik video maupun film mempunyai kelebihan dan kelemahannya.
Out put pada saat ini dapat berupa video kaset, VCD maupun DVD.
KELEBIHANNYA:
l Mengutamakan objek yang bergerak.
l Berwarna, bersuara, dan didukung oleh efek suara maupun visual.
l Dapat menyajikan animasi apabila perlu menyajikan suatu proses.
l Mudah menyajikannya.
l Tidak memerlukan ruang gelap
KEKURANGANNYA:
l Perlu peralatan khusus untuk penyajiannya
l Perlu tenaga listrik
l Perlu kerja tim dan keahlian khusus dalam pembuatannya

KARAKTERSITIK CD MULTIMEDIA INTERAKTIF
Pengertian:
l Multimedia berasal dari kata “multi” (banyak) dan “media”, sehingga mutimedia dapat diartikan sebagai gabungan dari berbagai media.
l Program pembelajaran terdiri dari berbagai media yang disusun secara utuh, terintegrasi, dan mempunyai tujuan pembelajaran.
l Jenis media antara lain: Teks/huruf, Audio, Video, Grafis, Animasi, Simulasi.
KARAKTERSITIKNYA:
l Bersifat fleksibel (dapat memilih materi maupun penggunaan waktu)
l Bersifat self-pacing (kecepatan belajar tiap individu berbeda)
l Bersifat content-rich (menyediakan informasi yang cukup banyak/ pengkayaan)
l Bersifat interaktif (komunikasi dua arah, ada respon/feedback)
KELEBIHANNYA:
l Interaktif
l Individual
l Fleksibel
l Cost effectiveness
l Motivasi
l Umpan balik
l Game, animasi, simulasi
l Kontrol ada pada pengguna
l Soal-soal
l Animasi, video, musik, audio, ilustrasi, dll
KEKURANGANNYA:
l Hanya akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana yang telah diprogramkan
l Memerlukan peralatan (komputer) multimedia
l Perlu kemampuan pengoperasian, untuk itu perlu ditambahkan petunjuk pemanfaatan
l Pengembangannya memerlukan adanya tim yang profesional
l Pengembangannya memerlukan waktu yang cukup lama
l Tidak punya sentuhan manusiawi

KARAKTERSITIK MEDIA INTERNET
Media Internet merupakan media komunikasi berupa data, gambar, teks, video, maupun suara melalui jaringan komputer yang berskala internasional.
Pengguna perlu memiliki identitas khusus, misal alamat IP (internet protocol).
Protokol adalah tata cara jaringan berkomunikasi. Protokol ini, secara resmi dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), merupakan cara standar untuk mempaketkan dan mengalamatkan data komputer (sinyal elektronik) sehingga data tersebut dapat dikirim ke komputer terdekat atau keliling dunia dan tiba dalam waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang.
KELEBIHANNYA:
l Berskala internasional
l Mudah untuk mengirim dan menerima data
l Individual
l Fleksibel
l Cost effectiveness untuk informasi yang didapat
l Motivasi
l Mendapat data berupa teks, video, audio, maupun gambar
KEKURANGANNYA:
l Perlu listrik
l Perlu jaringan khusus
l Lambat mendapat informasi kalau pemakai banyak

BAGAIMANA CARA MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN YANG TEPAT?
l Perlunya Pemilihan media
§ Masing-masing media mempunyai kelebihan dan kekurangan.
§ Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran
§ Dipilih dan digunakan dengan benar
§ Tidak satupun media dapat mencapai tujuan belajar
l Kriteria Pemilihan Media ada 7 faktor:
§ Tujuan
l Penggunaan media (instruksional, informasi, hiburan)
l Katagori Pembelajaran yang ingin dicapai:
l Kognitif: berdasarkan pengetahuan faktual yang empiris (pengalaman)
l Afektif: melibatkan perasaan dan emosi
l Psikomotor: berhubungan dengan aktivitas fisik
§ Sasaran (karakter, jumlah, latar belakang, motivasi)
§ Waktu (pembuatan, penyajian)
§ Ketersediaan (pengembangan, peralatan)
§ Biaya
§ Karakteristik media (kelebihan dan kelemahan)
§ Mutu teknis (visual, audio)
l Prosedur Pemilihan Media
§ Kegunaan materi
§ Kemenarikan
§ Mengena langsung dengan tujuan khusus
§ Format sajian (sekuens atau tata urutan)
§ Mutakhir atau keotentikan materi
§ Konsep fakta terjamin kecermatannya
§ Memenuhi standar selera
§ Keseimbangan kontroversial
§ Tidak mengandung propaganda
§ Standar kualitas (gambar, narasi, efek, warna, dll)
§ Struktur materi direncanakan dengan baik
§ Proses uji coba atau validasi (tingkat keberhasilan)

No comments: