Saturday, March 31, 2007

MATERI KULIAH 1 IPS TERPADU

n APA YANG KALIAN KETAHUI TENTANG PENGERTIAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL?

n APA YANG KALIAN KETAHUI TENTANG ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

(KERJAKAN INDIVIDUAL – KELOMPOK)

n PENDIDIKAN IPS: PENYEDERHANAAN DISIPLIN ILMU-ILMU SOSIAL, FILSAFAT, IDEOLOGI NEGARA DAN DISIPLIN ILMU LAINNYA SERTA MASALAH-MASALAH SOSIAL TERKAIT YANG DIORGANISASIKAN DAN DISAJIKAN SECARA ILMIAH DAN PSIKOLOGIS UNTUK TUJUAN PENDIDIKAN PADA TINGKAT PENDIDIKAN DASAR.
n ILMU PENGETAHUAN SOSIAL: SEPERANGKAT FAKTA, PERISTIWA, KONSEP, DAN GENERALISASI YANG BERKAITAN DENGAN PERILAKU MANUSIA UNTUK MEMBANGUN DIRINYA, MASYARAKATNYA, BANGSANYA, DAN LINGKUNGANNYA BERDASARKAN PADA PENGALAMAN MASA LALU YANG DAPAT DIMAKNAI UNTUK MASA KINI DAN DIANTISIPASI UNTUK MASA YANG AKAN DATANG.

n APA FUNGSI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
n APA TUJUAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
n RUANG LINGKUP PENDIDIKAN IPS
n (KERJAKAN SECARA INDIVIDUAL KEMUDIAN DISKUSIKAN DALAM KELOMPOK)
n PRESENTASIKAN – DISKUSI KELAS

FUNGSI PENDIDIKAN IPS: MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN, NILAI, SIKAP DAN KETERAMPILAN SOSIAL SERTA KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK AGAR DAPAT DIREFLEKSIKAN DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA MAUPUN PERGAULAN DUNIA.

TUJUAN PENDIDIKAN IPS:
1. MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN DASAR KESOSIOLOGIAN, KEGEO-GRAFIAN, KEEKONOMIAN, KESEJARAHAN, DAN KEWARGANEGARAAN.
2. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR, INKUIRI, PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN SOSIAL.
3. MEMBANGUN KOMITMEN DAN KESADARAN TERHADAP NILAI-NILAI KEMANUSIAAN

l MENGAPA ADA KESAN MAPEL IPS SEBAGAI MAPEL YANG GAMPANG, HAFALAN YANG MEMBOSANKAN?

l APA SAJA PENYEBABNYA & BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKINYA

(TUANGKAN PENDAPAT KALIAN & DISKUSIKAN DALAM KELOMPOK – DISKUSI KELAS)

TEMUAN-TEMUAN TENTANG PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH:
u BAIK KURIKULUM, PROSES PEMBELAJARAN, KEADAAN BUKU PELAJARAN KURANG MENANTANG SISWA BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS.
u SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA TIDAK DIGARAP SECARA SEIMBANG => OLEH SISWA DIANGGAP SEBAGAI MATA PELAJARAN YANG LUNAK DAN GAMPANG, HAFALAN YANG MEMBOSANKAN, BISA DIPELAJARI DENGAN SISTEM KEBUT SEMALAM (SKS).
u PENDEKATAN EKSPOSITORI SANGAT MENGUASAI KESELURUHAN PROSES PEMBELAJARAN. KALAUPUN ADA DISKUSI NAMUN TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN PROSEDUR BERPIKIR ILMUWAN SOSIAL.
u HIRARKI BELAJAR HAMPIR TIDAK DITEMUI BAIK DALAM PENYUSUNAN SATUAN PELAJARAN, PROSES BELAJAR, KONSTRUKSI TES MAUPUN DALAM BUKU PELAJARAN.
u MEKANISME STRUKTUR DAN IDE FUNDAMENTAL DARI MASING-MASING DISIPLIN ILMU TIDAK TAMPAK, BAIK DALAM KURIKULUM, PROSES PEMBELAJARAN, MAUPUN DALAM BUKU PELAJARAN.
u TINGKAT PENGETAHUAN SEBAGIAN BESAR SISWA BERADA DALAM KLP PERINGKAT 1 (FAKTA-PERISTIWA) DAN PERINGKAT 2 (KONSEP), SEDANG PERINGKAT 3 (GENERALISASI) HAMPIR TIDAK DIGUNAKAN BAIK DALAM MENYUSUN KURIKULUM, PROSES PEMBELAJARAN, ASESMEN – EVALUASI MAUPUN BUKU PELAJARAN.
u PENYEBARAN KAWASAN TUJUAN PEMBELAJARAN TIDAK DIMUNGKINKAN SISWA BELAJAR AKTIF,KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN. APALAGI MENGALAMI PROSES PENGKAJIAN TINGKAT KEBENARAN SUATU GENERALISASI, SUATU PENGALAMAN YANG SANGAT DIPERLUKAN UNTUK MEMBIASAKAN DALAM PROSES BERPIKIR ILMU SOSIAL MAUPUN BERPIKIR, BERSIKAP DAN BERTINDAK SEBAGAI ANGGOTA MASYARAKAT YANG BAIK.
u PROSES PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN DASAR & MENENGAH KURANG MEMBERI KONSTRIBUSI THD STUDI PERMULAAN DI PT & KURANG MEMBERI MANFAAT BAGI KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA & BERNEGARA.

RUANG LINGKUP PENDIDIKAN IPS:
¢ SISTEM SOSIAL BUDAYA: INDIVIDU; KEL;MSY; SOSIOLOGI SBG ILMU & METODE; INTERAKSI SOSIAL; SOSIALISASI; STRUKTUR SOSIAL; KEBUDAYAAN; PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA.
¢ MANUSIA, TEMPAT DAN LINGKUNGAN: SISTEM INFORMASI GEOGRAFI; INTERAKSI GEJALA FISIK & SOSIAL; STRUKTUR INTERNAL SUATU TEMPAT/WILAYAH; INTERAKSI KERUANGAN; PERSEPSI LINGKUNGAN & KEWILAYAHAN.
¢ PERILAKU EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN: BEREKONOMI; KETERGANTUNGAN; SPESIALISASI DAN PEMBAGIAN KERJA; PERKOPERASIAN; KEWIRAUSAHAAN; PENGELOLAAN KEUANGAN PERUSAHAAN.
¢ WAKTU, BERKELANJUTAN DAN PERUBAHAN: DASAR-DASAR ILMU SEJARAH; FAKTA, PERISTIWA DAN PROSES
¢ SISTEM BERBANGSA DAN BERNEGARA: PERSATUAN BANGSA; NILAI & NORMA SOSIAL; HAM; KEBUTUHAN HIDUP; KEKUASAAN & PARPOL; MASYARAKAT DEMOKRATIS; PANCASILA DAN KONSTITUSI NEGARA; GLOBALISASI.

ASPEK-ASPEK DALAM PENDIDIKAN IPS:
n BATASAN, JATI DIRI DAN BATANG TUBUH PENDIDIKAN IPS MASIH SANGAT TERBATAS: MASIH TERJADI PERDEBATAN ISTILAH (SOCIAL STUDIES, SOCIAL EDUCATION; CITIZENSHIP EDUCATION & SOCIAL SCIENCE EDUCATION).

n SALAH SATU CIRI UTAMA DARI JATI DIRI PIPS; KERJASAMA DISIPLIN ILMU PENDIDIKAN DENGAN DISIPLIN ILMU-ILMU SOSIAL UTK TUJUAN PENDIDIKAN, YAITU ADANYA SEPERANGKAT KEMAMPUAN MEMILIH/ MENYEDERHANAKAN BAHAN PENDIDIKAN DARI DISIPLIN ILMU-ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UTK TUJUAN PENDIDIKAN; MENGORGANISIR BAHAN PENDIDIKAN SECARA ILMIAH DAN PSIKOLOGIS UTK TUJUAN PENDIDIKAN; MENYAJIKAN (METODE) PENDIDIKAN SCR ILMIAH DAN PSIKOLOGIS UTK TUJUAN PENDIDIKAN; MENILAI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN IPS.

BAGAIMANA MEMANTAPKAN JATIDIRI PENDIDIKAN IPS:
¢ STAF PENGAJAR MKBS MEMPERHATIKAN PERTIMBANGAN PSIKOLOGIS & SESEKALI MENGORIENTASIKAN KULIAHNYA PADA TUJUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.

¢ STAF PENGANJAR MKBS HENDAKNYA MEMPERHATIKAN PERKEMBANGAN ILMU-ILMU SOSIAL DI UNIVERSITAS – KERJASAMA => PEMAHAMAN SCR BULAT STRUKTUR DISIPLIN ILMU SERTA MENGIKUTI DINAMIKA PERUBAHAN SOSIAL YG BEGITU CEPAT.
BAGAIMANA MEMANTAPKAN DISIPLIN ILMU/BATANG TUBUH PENDIDIKAN IPS:
1. ADANYA MSY ILMIAH YG MENYEBUT DIRINYA AHLI DLM SUATU BIDANG (PENDIDIKAN IPS)
2. ADANYA POLA BERPIKIR, BERBICARA & POLA PENULISAN YG DIIKUTI PARA AHLI TSB YG TERDIRI ATAS FAKTA, KONSEP, GENERALISASI DAN TEORI.
3. ADANYA METODE PENDEKATAN THD PENGETAHUAN, YAITU PROSES DIMANA PARA AHLI MEMPEROLEH, MENGORGNISASIKAN DAN MENGGUNAKAN PENGETAHUAN ITU.
4. ADANYA KEGIATAN MENGEMBANGKAN “STRUCTURE” LEWAT “CONSEPTUAL STRUCTURE” MAUPUN “SYNTACTICAL STRUCTURE”
5. ADANYA WARISAN KEPUSTAKAAN, HASIL PENELITIAN, PENULISAN ILMIAH MENGENAI PENDIDIKAN IPS
6. ADANYA ISTILAH DAN SIMBOL, SERTA BAHASA OPERASIONAL YANG DIGUNAKAN OLEH PARA AHLI
7. ADANYA TUJUAN YG INGIN DICAPAI
8. ADANYA DIMENSI KETERKAITAN DENGAN KEHIDUPAN DUNIA.

APA SUMBANGAN PENDIDIKAN IPS DALAM MENINGKATKAN SDM:
MENINGKATNYA KEPEDULIAN YANG TINGGI TERHADAP CITA-CITA LUHUR BANGSA
MEMILIKI KEPTEMAPILAN MEMECAHKAN MASALAH SOSIAL SECARA TEPAT DAN BERTANGGUNG JAWAB
MAMPU MENYESUAIKAN DIRI TERHADAP TUNTUTAN BERBAGAI PEKERJAAN.
MENSENAFASKAN KEIMANAN KETAQWAAN DAN KEBUDAYAAN.
MENJADIKAN “DIALOG INTERAKTIF” SEBAGAI PRAKTIK KOMUNIKASI (BELAJAR) IPS
KELAS SEBAGAI LABORATORIUM DEMOKRASI PANCASILA
SEBAGAI PERSIAPAN UTK MENYONGSONG BUDAYA “DIALOG KREATIF” MASA KINI DAN MENDATANG => “DEBAT KONSTRUKTIF”

No comments: