Saturday, March 31, 2007

MATERI KULIAH 4 IPS TERPADU

KTSP: WUJUD KBK PADA LEVEL SEKOLAH

SUBJECT MATTER BASED
COMPETENCY BASED
ASUMSI: MENGUASAI IPTEK AKAN DAPAT MENERAPKAN DLM KEHIDUPAN
ASUMSI: YG PENTING MENGUASAI KOMPETENSI, ILMU SBG SUMBER SAJA
MATA KULIAH DITURUNKAN DR IPTEK YG SESUAI, MUTAKHIR
MATA KULIAH DITURUNKAN DR KOMPETENSI YG INGIN DIWUJUDKAN
MATA KULIAH “BERDIRI SENDIRI-SENDIRI” , PERANGKUMAN DISERAHKAN KPD MHS.
MATA KULIAH: BAGIAN DR PEMBENTUKAN KOMPETENSI LULUSAN, HARUS TERKAIT SATU DG LAINNYA
DALAM PRAKTIK KEDUA MODEL INI SERING DIGABUNGKAN

KERANGKA PIKIR PENYUSUNAN KBK


CURRICULUM
(kompetensi yg
ingin dicapai)



LEARNING PROCESS
(proses kbm untuk
belajar mencapainya)


LEARNING
EXPERIENCES
(kompetensi yg
didapatkan dr kbm)
REAL LIFE IN
THE SOCIETY
(perannya spt apa?)

ILMU
PENGETAHUAN
NILAI & NORMA


URUTAN PENYUSUNAN KBK: MENGGUNAKAN ANALISIS TUGAS

TOPIC
REAL LIFE IN THE SOCIETY

GRADUATES
COMPETENCIES

SUB-COMPE-
TENCIES

LEARNING
OUT COMES


INSTRUCTIONS

SUBJECTS

LEARNING
EXPERIENCES

HUMAN’S
ROLE
SCIENCE+
NORM
ANALOGI ANALISIS KBK:
SKL sbg gambar rumah utuh…. Bagian rumah: pondasi, tembok, pintu dsb sbg mapel.
Mapel saat digabung hrs menjadi rumah …. Tdk boleh “lebih” dan tdk boleh “kurang”.
Digunakan prinsip “bagi habis”…. “tdk kelewatan”.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SATUAN PENDIDIKAN …. APA KOMPETENSI YG DIMILIKI SISWA SAAT LULUS? … DITENTUKAN OLEH SEKOLAH BERDASAR VISI SEKOLAH + SKL NASIONAL (PERMEN 23/06)


APA KOMPETENSI YG DIMILIKI SISWA SAAT LULUS MAPEL ..… DITENTUKAN OLEH SEKOLAH BERDASAR ANALISIS TUGAS + SKL NASIONAL (PERMEN 23/06)

APA KOMPETENSI YG DIMILIKI SISWA SAAT LULUS TOPIK/POKOK BAHASAN ..… DITENTUKAN OLEH SEKOLAH BERDASAR ANALISIS TUGAS + SKL NASIONAL (PERMEN 22/06)

SUB KOMPETENSI,RINCIAN DARI S.K. ..… DITENTUKAN OLEH SEKOLAH BERDASAR ANALISIS TUGAS + SKL NASIONAL (PERMEN 23/06)

SKL - SP

SKL - MAPEL

STANDAR
KOMPETENSI

KOMPETENSI
DASAR

LAMA WAKTU BELAJAR YANG DIPERLUKAN
BAGAIMANA MODEL/METODA PEMBELAJARAN YG COCOK? …. AGAR SISWA MEMPEROLEH PENGALAMAN YG COCOK DG KD YG DIINGINKAN?

APA INDIKATOR YG DPT TERUKUR BAHWA SISWA SUDAH MENGUASAI KD TERSEBUT? ……. SEKOLAH MENENTUKAN SENDIRI


APA MATERI YG HARUS DIPELAJARI AGAR DAPAT MENCAPAI KD? ……. SEKOLAH MENENTUKAN SENDIRI

INDIKATOR
MATERI
AJAR
METODA/
MODEL
PEMBELAJARAN
BERAPA LAMA WAKTU BELAJAR YG DIPERLUKAN? …… SEKOLAH MENENTUKAN SENDIRI.



l KITA BELUM “KBK MURNI” ….. MAPEL TETAP ADA ……. SEKOLAH MENYUSUN SKL-SP (BOLEH MENAMBAH DARI SKL “BAKU”).
l SKL-SP DIRINCI KE DALAM MAPEL …. JIKA ADA “TAMBAHAN DLM SKL” …TENTU ADA TAMBAHAN DALAM SKL-MAPEL…
l JIKA ADA TAMBAHAN … BERARTI ADA TAMBAHAN SK DAN KD DLM SKL-MAPEL ….
l INDIKATOR, MATERI, MODEL PEMBELAJARAN, WAKTU …. DITENTUKAN SEKOLAH, TETAPI ADA BATASAN-BATASANNYA.

No comments: