Friday, April 6, 2007

MATERI KULIAH 11 IPS TERPADU

LEMBAR KERJA IPS
TEMA: KESEHATAN
Catatlah berat dan tinggi badan teman sekelasmu. Kemudian jumlahkan berat dan tinggi badan teman sekelasmu termasuk dirimu.
Jawab:
Berat =
Tinggi =
Hitunglah berapa rata-rata berat dan tinggi badan teman sekelasmu.
Jawab:
Rata-rata berat badan =
Rata-rata tinggi badan =
Coba kelompokkan berat dan tinggi badan teman sekelasmu berdasarkan jenis kelamin
Jawab:
B e r a t
Perempuan =
Laki-laki =
Tinggi
Perempuan =
Laki-laki =
Coba bandingkan mana yang lebih berat kelompok laki-laki atau perempuan? Mana yang lebih tinggi kelompok laki-laki atau perempuan?
Jawab:
Kelompok ……………………………….. > berat dari Kelompok ………………………………
Kelompok …………………………………> tinggi dari Kelompok ……………………………..
Buatlah gambar dengan tema Kesehatan dan warnai gambar tersebut sesuai dengan keinginanmu.
Buatlah daftar hewan apa saja yang khas dari setiap daerah dalam lembar kegiatan (peta Indonesia).
Mengapa kita penting melestarikan dan menjaga hewan dan tumbuhan yang langka & bagaimana caranya.
Coba gambar/warnai, hitung jumlah hewan dan tumbuhan yang kalian temukan pada saat pengamatan di kebun dalam grafik.



TEMA :PERISTIWA
Mengapa terjadinya pasang surut dan pasang naik
Adakah pengaruh pasang naik dan pasang surut bagi kehidupan laut dan manfaatnya bagi manusia.
Mengapa terjadinya gelombang laut
Bagaimana menjaga lingkungan laut tetap bersih tidak tercemar limbah.
Coba ceritakan kehidupan nelayan yang (umumnya miskin) telah memberi kebutuhan gizi berupa protein kepada kita semua.

TEMA: PERGAULAN
Buat pohon kelas dari kertas karton bekas yang berisi nama-nama siswa. Ajak mereka untuk menempelkan nama masing-masing di pohon yang telah disediakan.
Buat lembar kerja yang bertemakan “persahabatan” (chart persahabatan – roda persahabatan – buku persahabatan).
Coba ceritakan dengan jelas dan gamblang, bahwa manusia sebagai makhluk social tidak dapat hidup sendiri.
Coba sebutkan siapa nama kepala sekolah, guru-guru yang kamu tahu, ruang mana saja yang pernah kamu gunakan, berapa siswa yang kamu kenal di sekolahmu, siapa penjaga sekolahmu.
Apa tugas-tugas kepala sekolah, guru, penjaga sekolah? Bagaimana tanggung jawab mereka terhadap tugasnya masing-masing?
Bagaimana jika seorang guru/kepala sekolah/penjaga sekolah tidak melaksanakan tugasnya dengan baik?
Bagaimana jika kalian tidak melaksanakan tugas sebagai siswa dengan baik ( mengapa ada anak menyontek, pernahkan kalian menyontek, bagaimana perasaan mereka saat menyontek,
Mengapa kita penting untuk berterus-terang (jujur) dan kerja keras?









Kriteria Lembar Kerja yang baik

Tugas Perorangan

Menurut Anda, apa kriteria Lembar Kerja yang baik?
Apakah Lembar Kerja sama dengan Lembar Test? Apa bedanya?
Apa fungsi Lembar Kerja?
Kapan Lembar Kerja diperlukan?

Tugas Kelompok

Diskusikan hasil pemikiran Anda mengenai kriteria LK
dengan anggota kelompok lain
Pilih 5 butir kriteria yang paling baik
Buat satu lembar kerja mengenai salah satu topik/konsep mata pelajaran sesuai dengan kriteria yang disepakati
Pajangkan contoh lembar kerja dan bandingkan dengan hasil kelompok kelompok lain

Bahan untuk Fasilitator

o Kriteria LK yang baik, antara lain:

- Sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Mengembangkan KD/keterampilan keterampilan yang relevan
- Perintah ringkas dan jelas (LK mini, hasilnya maksi)
- Mengaktifkan siswa
- Menggunakan pertanyaan terbuka, pertanyaan produktif dan problem solving
- Menggunakan berbagai sumber belajar
- Meningkatkan interaksi/kerjasama antar siswa
- Meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah
- Membuat siswa produktif dan kreatif










MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN
MELAKUKAN WAWANCARA
INSTRUKSI:
n SECARA BERPASANGAN LAKUKANLAH WAWANCARA DENGAN TEMAN DISAMPING ANDA
n TEMUKAN SEBANYAK-BANYAKNYA INFORMASI TENTANG TEMAN DISAMPING ANDA.
n CATATLAH SEMUA TEMUAN HASIL WAWANCARA DI SELEMBAR KERTAS.

IDENTIFIKASI HASIL WAWANCARA MEREKA BERAPA BANYAK RATA-RATA TEMUANNYA TENTANG TEMANNYA?

n MOHON BAPAK/IBU MENDESKRIPSIKAN HASIL WAWANCARA SECARA NARATIF
n BACAKAN HASIL DESKRIPSI TENTANG TEMAN ANDA TERSEBUT
n DISKUSIKAN MENGAPA ANDA DAPAT MENEMUKAN BEGITU LENGKAP DESKRIPSI YANG DINARATIFKAN DAN ADA YANG KURANG?

FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI HASIL WAWANCARA?
n Kualitas pancaindra
n Kecepatan merekam
n Pengalaman
n Kejelian
n Kecermatan dalam kerja
n Sudut pandang berbeda-beda
n Kemauan menggali informasi yang lengkap
n Kemampuan menarasikan dengan sistematis, urut, runtut dan menarik
n Tujuan dan sasaran melakukan wawancara
n Paham tentang subyek yang diwawancarai
n Adanya tugas













MENGEMBANGKAN PENGALAMAN BELAJAR

Apa sumber rumusan pengalaman belajar ?
a. Aktivitas Siswa: Mengamati, Membaca, Bermain, dyl.
b. Kompetensi Dasar dalam Kurikulum
(Ingat fokus: mencari informasi)

Bagaimana Cara Merumuskan Pengalaman Belajar

A. Tentukan Sumber Belajar
”foto, gambar, teks berita koran, dan yang lain”

B. Pertimbangkan Tema
”Peristiwa: Bencana Alam Tsunami Aceh”
C. Tentukan Aktivitas Awal (Aktivitas ini dapat berupa pengalaman dan KD dalam Kurikulum)
”Membaca surat kabar, Menyimak Nara Sumber, Melakukan eksperimen, Mewawancarai sumber, mengamati objek, dyl.”
D. Tentukan Aktivitas Akhir (Aktivitas ini dapat berupa KD dalam Kurikulum atau tipe teks yang diharapkan)
”Mengambil keputusan, menulis laporan, menyikapi sesuatu, menghitung kebutuhan biaya perbaikan, memberikan bantuan,dyl.”

Cara Merumuskan Pengalaman Belajar

# Rumuskan Aktivitas Belajar Siswa (dari aktivitas awal menuju aktivitas akhir) (Kegiatan untuk KD)

”Mengamati Foto Bencana Alam Tsunami Aceh di koran Jawa Pos untuk merencanakan proses pemberian bantuan”

”Prioritaskan Kecakapan Mencari Informasi”

Cara Menata Kegiatan Belajar
# Jabarkan kegiatan siswa yang diinginkan!
”Aktivitas pengantar, aktivitas inti, dan aktivitas penutup”

”Aktivitas individual, berpasangan, diskusi kelompok, dan diskusi kelas”

Cara Mempertimbangkan Asesmen
# Tentukan hasil belajar (produk) yang dapat diwujudkan
”hasil identifikasi foto, hasil diskusi kelompok, hasil perencanaan pemberian bantuan, dyl.”

# Tentukan observasi yang akan dilakukan
”aktivitas individual mengidentifikasi foto, aktivitas diskusi kelompok mencari informasi yang diperlukan, dan aktivitas merencanakan pemberian bantuan”

# Tentukan wawancara yang akan dilakukan
”wancara ketika mengidentifikasi foto, wawancara ketika pencarian informasi, wawancara ketika perencanaan pemberian bantuan, dan yang lain”

No comments: